Tags

, , , , , , ,

spanduk-ecDikutip dari berita Website resmi IAIN Bengkulu http://iainbengkulu.ac.id/?p=5606

Peningkatan sumber daya manusia (SDM) pada zaman globalisasi seperti pada saat ini sangat dibutuhkan oleh setiap instansi, terutama bagi instansi pendidikan. Kecanggihan teknologi dan kebutuhan manusia akan bahasa Inggris untuk berkomunikasi antar penduduk yang mempunyai kewarganegaraan berbeda sungguh tak bisa dihindari. Dalam hal ini Indonesia yang berada dijalur yang sangat penting pada pasar bebas ASEAN 2015 adalah salah satu tolak ukur bagi negara-negara disekitarnya. Mengiringi hal-hal yang sudah dijelaskan diatas, sudah sepantasnya seluruh instansi yang ada di Indonesia termasuk masyarakat yang ada didalamnya harus berbenah dalam mempersiapkan persaingan dimasa kini, agar tidak hanya menjadi konsumtif dan penonton. Salah satu stimulasi dan real follow up dari isu tersebut adalah dengan kegiatan English Camp ini.

Kegiatan ini merupakan English Camp ke 2 yang telah dilaksanakan IAIN Bengkulu, dengan bekerjasama dan disponsori berbagai pihak, beberapa diantaranya adalah English Academy Bengkulu, Armina Holiday, Sawo Mateng Studio dan lain-lain. Sudah semestinya kegiatan ini menjadi tradisi dikalangan pelajar dan mahasiswa di Indonesia dan Bengkulu pada khususnya, karena kecederungan berbahasa asing harus dibangkitkan hingga menghasilkan kualitas pelajar dan mahasiswa yang berkualitas internasioal, serta tidak kalah dengan para pelajar dan mahasiswa dari provinsi lain.

English Camp di IAIN Bengkulu merupakan kegiatan yang saya inisiasi pada tahun 2015, dengan dibantu oleh beberapa teman-teman seperti Reko Serasi, M.A, Akhmad Fadli, Hendro, dll, dengan mengadaptasi dari kegiatan yang sama di Malaysia dan Thailand yang mana saya pernah terlibat sebagai fasilitator kala itu, dan kegiatan ini merupakan English Camp yang pertama yang diadakan rutin setiap tahun di wilayah Sumatera. Kegiatan ini melibatkan para ahli bahasa Inggris yang sudah berpengalaman dibidangnya masing-masing baik itu ditingkat regional, nasional dan internasional, serta sebagai peserta adalah para mahasiswa beberapa universitas diBengkulu dan pelajar SLTA se provinsi Bengkulu. Kedepannya, English Camp di IAIN Bengkulu berencana memperluas daya jangkau nya dengan melibatkan mahasiswa dan pelajar dari universitas dan SLTA diluar provinsi Bengkulu.

Tabik
M.Arif Rahman Hakim
School of Educational Studies
Universiti Sains Malaysia
IAIN Bengkulu

Advertisements