Tags

, , , ,

multicultural societySering kali, kewarganegaraan dapat menjadi pengidentifikasi dalam banyak literatur, terutama dalam situasi ESL, di mana ras dan etnis ini lebih sering disebut sebagai situs perjuangan. Ras dan etnis keduanya adalah konstruksi sosiologis, dengan sedikit tujuan, bukti fisik untuk tugas mereka. Kewarganegaraan, yang juga merupakan konstruksi sosiologis, adalah sebuah konstruksi politik dengan bukti fisik penugasan kewarganegaraan karena kelahiran. Ketiga istilah ini sangat ditentang. Jarang terjadi ada kebangsaan, ras, dan etnis tunggal dalam satu lingkungan. Sebuah kelompok etnis tertentu mungkin mencakupi orang dari berbagai ras dan sebaliknya. Oleh karena itu, saya akan membahas tiga konsep tersebut sebagai bagian terpisah dalam penjelasan yang sedikit lebih luas.

Kewarganegaraan/Kebangsaan

Mendefinisikan diri dalam konteks sosial seseorang yang lebih besar merupakan hal yang fundamental bagi kehidupan manusia dan konteks sosial tersebut adalah identifikasi kebangsaan seseorang. Namun, kebangsaan sering tidak diperiksa dalam identitas pelajar karena dianggap bahwa ras dan etnis digolongkan sebagai kebangsaan. Alasan berikutnya kebangsaan sering diabaikan karena dianggap memiliki sedikit peran dalam pembangunan identitas dalam era globalisasi yang cepat. Untuk pelajar bahasa Inggris di seluruh dunia, identifikasi nasional yang berbeda dan tersedia, tergantung pada apakah peserta didik belajar di dalam negara mereka sendiri, imigran atau pengungsi ke negara baru, atau rantauan di negara kedua untuk keperluan studi atau bekerja.

Orang-orang yang pindah ke negara lain harus (kembali) mendefinisikan diri mereka dalam hal kebangsaan yang baru untuk mereka. Namun, penelitian menunjukkan bahwa yang penting untuk identitas diri mereka adalah identitas budaya mereka (Fantino & Colak, 2001; McKay & Wong, 1996). Selangkah saja pergi dari negara asalnya dapat menyebabkan mereka akan kehilangan perhatian dari negara asal, bersamaan dengan hilangnya interaksinya dengan nilai-nilai budaya, keyakinan, dan perilaku yang menentukan identitasnya sewaktu masih di negara asal. Oleh karena itu, hilangnya kenegaraan seseorang bisa menjadi pengalaman yang tidak mengenakkan. Namun, banyak imigran mengalami konflik antara identitas budaya negara asal mereka dengan negara baru yang mereka tinggali. Konflik ini dapat mengakibatkan timbulnya perasaan untuk menyangkal warisan mereka dan mengasimilasi atau menolak identifikasi dengan negara baru mereka. Jadi banyak imigran menyebut diri mereka dengan kewarganegaraan negara asal mereka (Nieto, 1992).

Selain itu, untuk sebagian besar imigran dan pengungsi, identitas mereka sebagai imigran atau pengungsi tampak dipaksakan. Selanjutnya, atribut pengidentifikasian ini dikenakan oleh kelompok dominan. Bahkan identifikasi mereka berdasarkan kebangsaan yang mungkin merupakan konstruksi eksternal. Sebagai contoh, pengungsi dari Sudan dapat diidentifikasi dalam negara berbahasa Inggris seperti Sudan, ketika mereka sendiri mengidentifikasi etnisitas, seperti Dinka, Nuer, Nuba, atau Acholi. Sering kali, para pengungsi menolak identifikasi dengan negara-negara di mana mereka lahir karena sebenarnya identitas mereka sebagai minoritas di negara itu dan penganiayaan yang dihasilkan adalah apa yang menyebabkan mereka menjadi pengungsi. Seperti halnya bagi banyak orang Assyria dari Iran atau Hazara dari Afghanistan.

Bagi mereka belajar bahasa Inggris di negara asal mereka, kebangsaan penting terhadap identitas diri dan persepsi mereka (atau persepsi bangsa mereka) untuk apa yang mereka mungkin akan kehilangan (atau tidak) dalam mempelajari bahasa Inggris. Kita ingat insiden di awal 1970-an. Salah satu dari penulis buku What English Language Teachers Need to Know (Denise) mengajar di Australia dan pada saat yang bersamaan, akses Cina mulai terbuka ke dunia Barat dan sedang mencari cara untuk mengembangkan program bahasa Inggris. Beberapa pejabat Cina, dalam setelan Mao abu-abu, mengunjungi programnya untuk mendapatkan akses pembelajaran dan menyatakan dengan tegas, “Kami ingin belajar bahasa Inggris; bukan budayanya”. Di tempat lain, batas negara terjadi diakibatkan perang atau penjajahan di masa lalu. Dengan demikian, pada perbatasan tersebut adalah orang-orang yang mengidentifikasi dengan etnis mereka, daripada bangsa mereka. Sebagai contoh, dalam kunjungan ke Cina, Prof.Denise bertemu seorang mahasiswa dari sebuah universitas di dekat perbatasan Korea. Bahasa pengantar di universitasnya adalah bahasa Korea. Dia sendiri diidentifikasi sebagai orang Korea, bukan orang Cina. Di Spanyol, banyak orang-orang Basque dan Katalan tidak mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Spanyol. Untuk tujuan kita di sini, itu sudah cukup untuk diingat bahwa kebangsaan dan sejauh mana identitas peserta didik terkait dengan Kebangsaan mereka, nilai-nilai, dan bahkan mitos, adalah relevan baik di EFL maupun di situasi ESL.

Namun, dengan bahasa Inggris yang dimulai digunakan secara luas, pemuda-pemuda (dan lain-lain) dapat memilih untuk mengidentifikasi dengan apa yang dipromosikan oleh media global melalui pilihan pakaian, musik, dan bahkan perilaku. Di sisi lain, orang-orang memiliki hak dan beberapa menerima atau menolak identifikasi dengan visi penggunaan global, terutama karena mereka memiliki akses media untuk berbagai pandangan alternatif

Ras

Sementara ras adalah konsep yang sangat ditentang, tanpa dasar ilmiah, atribut yang ditetapkan untuk ras adalah seringnya menonjol dalam sosial. Imigran sering ditugaskan berdasarkan identitas tertentu berdasarkan ras mereka. Jadi, misalnya, McKay dan Wong (1996) menemukan bahwa remaja imigran Cina dicap sebagai “model minoritas” yaitu, sebagai seseorang yang teliti, akademisnya cenderung baik, dan tidak mudah mengeluh. Sebaliknya, rekan-rekan Amerika Latin mereka dinilai “ilegal,” yaitu, sebagai orang yang gagal akademik dan malas.

Beberapa peserta didik menolak identitas ras yang ditetapkan; yang lain sengaja memilih salah satu yang mereka kenali. Misalnya, Ibrahim (1999), dalam studinya tentang pemuda pengungsi Afrika berbahasa Prancis di Kanada, menemukan bahwa pemuda-pemuda ini dibentuk menjadi “black” (orang kulit hitam) baik secara bahasa maupun budayanya selama pembelajaran ESL sehingga dapat mengidentifikasi diri mereka dengan orang kulit hitam di Amerika. Di Australia, banyak pemuda pengungsi dari Afrika menolak identifikasi sebagai orang kulit hitam, tidak ingin disamakan dengan suku Aborigin dari Australia. Orang Kulit Hitam sebenarnya adalah ras yang tidak percaya diri dan tidak stabil. Sementara orang Afrika menolak disamakan, imigran lain seperti Haiti di AS, Aborigin Australia, dan Afrika Amerika tidak merasa sensitif untuk disamakan warna kulitnya, dengan memiliki ciri khas etnik yang unik.

Etnis/Suku

Seperti disebutkan di atas, di banyak negara seperti Amerika Serikat, suku dan ras sering diucapkan secara bergantian. Ada yang menggunakan istilah kebangsaan dengan etnis, dan ada yang dengan hati-hati membedakan istilah ras dan etnis (Gollnick & Chinn, 2006). Tapi, pencampuradukkan ini menyebabkan deskripsi yang tidak akurat dari individu, terutama di negara-negara di mana imigran berusaha untuk menentukan kelompok. Seperti kita lihat di atas, negara tidak dibangun hanya dengan satu kelompok etnis. Hasil etnis dari oposisi dan perbedaan yang dirasakan adalah karena orang-orang dalam masyarakat yang homogen tidak ditentukan dengan etnis atau bahkan menganggap apakah mereka memiliki suatu etnis. Sifat oposisi etnis dihasilkan dari perbedaan kekuasaan dalam masyarakat, perbedaan yang berlaku dalam interaksi sosial. Jadi etnis hanya menjadi menonjol dalam kehidupan manusia ketika mereka dan orang lain berusaha untuk membedakan mereka dari “yang lain.” Jadi, misalnya, di Amerika Serikat, sensus federal yang mendefinisikan kelompok pan-etnis orang Spanyol. Kategori ini terdiri dari orang-orang dari berbagai negara yang berbeda, banyak dari mereka yang mengidentifikasi warisan negara mereka. Hal ini juga termasuk kelompok ras yang berbeda. Kategori pan-etnis Asia dan Kepulauan Pasifik juga digunakan oleh sensus Amerika Serikat yang bermasalah karena mencakup berbagai negara, yang mana warga akan membedakan antara mereka sendiri, seperti Jepang, Laos, Hmong, atau Samoa.

Pandangan kami terhadap kelompok ras dan etnis, selain yang kita identifikasikan, sering diciptakan melalui media dan melalui cara komunitas kita dianggap oleh kelompok lain. Sebagai guru bahasa asing, kita perlu memahami stereotype masyarakat yang lebih luas dan sikap ras dan etnis, serta posisi yang siswa kita adopsi, dalam rangka untuk mengembangkan kelas yang inklusif yang memberikan semua peserta didik kesempatan untuk berhasil.

Jenis Kelamin

Awal usaha menghubungkan antara jenis kelamin dan bahasa ditemukan perbedaan dalam pola bicara antara pria dan wanita, contohnya wanita lebih hati-hati dan lambat dalam berbicara (Lakoff, 1975), laki-laki lebih banyak mencela pembicaraan pada pembicaraan kelompok laki- laki-perempuan (Thorne & Henley, 1975), dan laki-laki dan perempuan yang disosialisasikan secara berbeda, dengan wanita yang berfokus pada mempertahankan hubungan sosial (social maintaining) (Tannen, 1990). Dalam usaha yang lebih baru pada pembelajaran bahasa kedua dan jenis kelamin, Pavlenko, Blackledge, Piller, dan Teutsch Dwyer (2001) mengkritik penelitian sebelumnya karena melihat gender sebagai karakteristik individu, bukannya konstruksi sosial. Selanjutnya, mereka menunjukkan bahwa gender tidak selalu berpengaruh dalam mempelajari bahasa kedua. Namun, mereka mencatat bahwa, sebagai dampak dari norma-norma sosial, akses ke kemampuan bahasa mendapatkan hasil yang berbeda-beda pada jenis kelamin. Mereka telah menemukan peran stereotip yang digambarkan dalam buku pelajaran mengajar bahasa Inggris. Demikian pula, kita telah melihat kelas di mana peran stereotip telah ditetapkan bahkan oleh guru yang tidak akan menganggap diri mereka seorang seksis. Sebagai contoh, mereka mungkin lebih banyak memanggil anak laki-laki daripada perempuan dalam aktivitas di kelas.

Yang jadi pertimbangan untuk guru bahasa Inggris adalah untuk menguji pemahaman mereka untuk menentukan apakah laki-laki memiliki hak istimewa dengan terlihat lebih menonjol daripada perempuan untuk belajar bahasa Inggris, apakah gambaran peran mencerminkan orang-orang dari masyarakat yang lebih luas, dan apakah perempuan dewasa dan muda di kelas ingin menerima atau menolak peran tersebut.

 

M. Arif Rahman Hakim

IAIN Bengkulu- Universiti SainsMalaysia