Tags

, , , , , , , , , ,

Oleh : M. Arif Rahman Hakim

whatsapp-image-2016-10-21-at-00-23-45

Tahun ini merupakan tahun yang bersejarah dalam hidup saya. Pada tahun 2016 ini, (akhirnya) saya dapat memulai perkuliahan saya di jenjang doktoral (Ph.D) pada School of Educational Studies, Universiti Sains Malaysia (USM), pada kajian research di bidang Teaching English to Speakers of Other Languages. Mau tidak mau, saya harus mulai meninggalkan berbagai aktifitas saya diBengkulu, baik itu sebagai dosen, peneliti, guru, fotografer dan manajer. Namun saya tetap menjadi orang yang tidak menerima begitu saja dan larut dalam keadaan yang hanya fokus pada kegiatan yang berhubungan dengan studi doktoral, seperti Ph.D student kebanyakan. Di Malaysia, saya tetap mencari kegiatan yang tujuannya menyibukkan diri, seperti bergabung dengan Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) dan saya sebagai satu-satunya mahasiswa Ph.D disana, lalu saya juga bergabung dengan Perhimpunan Masyarakat Indonesia (PERMAI) Malaysia Utara, mengikuti kegiatan International Post-Graduate Students Association, bahkan saya juga membuka kelas bimbingan IELTS gratis bagi pemula khusus mahasiswa Universiti Sains Malaysia. Dengan kata lain, saya hanya memindahkan pekerjaan saya dari Bengkulu ke Malaysia, kecuali dibidang fotografi yang saya bisa kontrol dari Malaysia. Namun diluar itu semua, saya merasa masih belum melakukan apa-apa bagi lingkungan saya. Ini bukan mengenai sebuah pencapaian, gila hormat atau apapun itu, namun ini lebih pada rasa cinta seorang guru, yang ingin melihat negaranya maju dengan cara mencerdaskan putera puteri bangsanya.

Untuk itu, dihari yang penuh barokah ini, dengan resmi saya melaunching long term project saya yang berjudul English: Question and Answer, sebuah project yang saya dedikasikan untuk anak negeri. Sekali lagi saya utarakan, project ini bukan semata-mata ingin menunjukkan bahwa saya sudah menguasai bahasa Inggris dengan baik, tapi ini hanya merupakan sebuah wadah bagi putera puteri Indonesia untuk saling berdiskusi, tanya jawab dan memberikan ide apapun itu yang berkaitan dengan pembelajaran maupun pengajaran bahasa Inggris. Project atau rubrik ini akan berlangsung tanpa ada batasan waktu yang ditentukan, dan tetap akan saya kontrol dari Malaysia secara online. Caranya sangat mudah untuk dilakukan, cukup dengan memberikan #EnglishQnA untuk setiap pertanyaan, ide, jawaban, respon ataupun gambar yang kalian upload di twitter, facebook dan instagram, maka secara otomatis akan dapat kita akses dengan mudah. Selain itu, kalian juga bisa langsung mention disosial media saya sesuai dengan akun yang ada digambar dengan tetap mencantumkan #EnglishQnA. Rubrik ini secara rutin akan saya kontrol dan cek setiap malam minggu mulai pukul 8 sampai dengan 11.30 p.m (waktu Malaysia). Nantinya, setiap beberapa bulan sekali, saya juga akan memberikan doorprize bagi member yang paling aktif dalam rubrik ini. Tidak ada pendaftaran secara resmi untuk menjadi member dalam rubrik ini, semua yang memasang #EnglishQnA sudah dianggap berpartisipasi dalam menyemarakkan rubrik belajar Bahasa Inggris online ini.

Selamat mencoba dan sampai bertemu di #EnglishQnA ya guys, good luck

Love

M. Arif Rahman Hakim

